JudulANALISIS SIKAP KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMAN 1 SIRENJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI |
Nama: AYU LISTRA CHRISMARIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ayu Listra Chrismariani, 2022. Analisis Sikap Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMAN 1 Sirenja Menggnakan Pendekatan STEM Pada Materi Sistem Ekskresi. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Gamar Binti Non Shamdas, Anggota Tim Pembimbing Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap kreatif dan hasil belajar kognitif siswa SMAN 1 Sirenja menggunakan pendekatan STEM pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain pretest dan posttest control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sirenja yang terdaftar pada semester genap 2021 yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 berjumlah 40 orang. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh artinya semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan ini adalah lembar observasi sikap kreatif dan tes hasil belajar kognitif berupa soal-soal pilihan ganda beralasan sebanyak 25 nomor. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan rumus t test independen dengan bantuan aplikasi SPSS 2.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya pendekatan STEM berpengaruh pada sikap kreatif dan hasil belajar kognitif siswa SMAN 1 Sirenja. Penyebarluasan penerapan pendekatan STEM penting dilakukan agar guru-guru menjadi terbiasa menerapkannya di dalam pembelajaran. Kata Kunci: Sikap kreatif, Hasil belajar kognitif, dan Pendekatan STEM |