Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 17 PALU MELALUI PEMBELAJARAN
Nama: ZUBAIR MATAMAY
Tahun: 2021
Abstrak
Zubair Matamay, 2020. “PeningkatanKemandirian dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 17 Palu Melalui Pembelajaran Discovery Learning”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Jamaludin M. Sakung, Anggota Tim Pembimbing Afadil. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar (ranah kognitif, ranah psikomotor) dan kemandirian siswa kelas V di SDN 17 Palu melalui pembelajaran Discovery Learningmata pelajaran IPA.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau ClassroomAction Reseach (CAR), yaitu sebagai kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Subyek penelitian adalah siswa SDN 17 Palu kelas V, semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 19 orang, semuanya dijadikan sampel penelitian. Indikator keberhasilan tindakan yang dilakukan untuk menyatakan berakhirnya siklus penelitian dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learningadalah jika kriteria ketuntasan maksimum (KKM) mencapai lebih atau sama dengan 75. Hasil analisis deskriptif kuantitatif pratindakan menunjukkan bahwa nilai hasil belajar rata-rata kelas adalah 68,95 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 60, terdapat 5 siswa (26,3%)sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan terdapat 14 siswa (73,7%) yang belum mencapai KKM. Siklus pertama diperoleh hasil belajar rata-rata kelas adalah 74,21 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 50, terdapat 10 siswa (52,7%) sudah memenuhi KKM dan terdapat 9 siswa (47,3%) yang belum mencapai KKM, kemandirian siswa diperoleh ada 12 siswa yang memperoleh kriteria cukup (63,16%). dan ada 7 siswa yang mendapat kriteria kurang (36,84%). Siklus kedua diperoleh hasil belajar rata-rata kelas adalah 80,3 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60, terdapat 15 siswa (78,9%) sudah memenuhi KKM dan terdapat 4 siswa (21,1%) yang belum mencapai KKM, kemandirian siswa diperoleh ada 7 siswa yang memperoleh kriteria baik (36,84%), ada 10 siswa yang memperoleh nilai cukup (52,63%), dan ada 2 siswa yang mendapat kriteria kurang (10,53%).Persentase siswa yang nilainya di atas KKM pada siklus I baru mencapai 52,6?n, Persentase nilai siswa yang di atas KKM pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 78,9%, menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learningmampu meningkatkan Kemandirian dan hasil belajar IPA siswa. Kata kunci : Hasil belajar, kemandirian, Discovery Learning,

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up