Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EKPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PENYELIDIKAN MATERI TEKANAN PADA SISWA SMP
Nama: Sarini
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Sarini, 2020. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Ekperimen Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Penyelidikan Materi Tekanan Pada Siswa SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Dr. Supriyatman, M. Pd, Pembimbing Anggota : Dr. Muslimin, M. Si. Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran di sekolah-sekolah Negeri di Kota Palu pada umumnya dan di SMP Negeri 18 Palu khususunya dilaksanakan dengan cara konvensional, di mana guru mendominasi di kelas sementara siswa memiliki peran pasif yang memerlukan reproduksi fakta-fakta yang dihafalkan sehingga mempengaruhi pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa dan keterampilan penyelidikan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIIIB dan VIIIC. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIIC SMPN 18 Palu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes uraian dan lembar observasi keterampilan penyelidikan. Analisis data menggunakan Uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS 22,0 pada taraf signifikansi 0,05 dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji statistik Pemahaman konsep diperoleh Sig. = 0,075 dan keterampilan penyelidikan Sig. = 0,204 dengan kriteria terima Ho jika Sig. > 0,05 dan tolak H0 jika Sig. < 0> 0,05 sehingga Ho diterima dengan kesimpulan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap keterampilan penyelidikan. Hasil analisis uji korelasi sig adalah 0,117 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel pemahaman konsep dengan variabel keterampilan investigasi. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, keterampilan penyelidikan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up