JudulPENGARUH PADUAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 21 PALU |
Nama: DYAH WIDYAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK DYAH WIDYAWATI, A202 18 080, 2018 “Pengaruh paduan model Problem Based Learning dan model Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa SMP Negeri 21 Palu. “Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana. Universitas Tadulaku. Pembimbing utama : Mohammad Jamhari dan pembimbing Anggota : Hj.Gamar Binti Shamdas. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana pengaruh paduan model Problem Based Learning dan Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 21 Palu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. penelitian dilakukan pada dua kelompok kelas : kelas VII dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan Purposive Sampling. Instrument utama yang digunakan yaitu tes essay berfikir kritis kelas VII sebanyak 7 soal dan. kelas VIII sebanyak 8 soal. Data dianalisis dengan uji non parameterik yaitu uji wilcoxon signed ranks test. Diperoleh hasil bahwa Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 pada uji kemampuan berpikir kritis maka H1 diterima, Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan paduan model Problem Based Learning (PBL) dan Scaffolding terhadap kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Negeri 21 Palu Tahun ajaran 2019/2020.. Kata Kunci: Problem Based Learning, Model Scaffolding, Kemampuan Berpikir Kritis. |