JudulPENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN KOGNITIF SISWA KELAS VIIB PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: YULIANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Yulianti, 2018. Judul Tesis “ Penerapan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Kognitif Siswa Kelas VIIIB pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia Di SMP Negeri 7 Palu” Progran Studi Pendidikan Sains Progran Magister, Pascasarjana Universitas Tadulako Pembimbing: (1) H. Andi Tanra Tellu, (2) Amiruddin Kasim. Permasalahan mendasar pada penelitian ini, siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 7 Palu adalah rendahnya kemampuan bertanya dan kognitif siswa sebatas C1 dan C2. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan kemampuan bertanya dan kognitif siswa pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang menggunakan dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 orang siswa, jenis data yaitu: data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian terdiri dari tes, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar penilaian kemampuan bertanya dan kemampuan kognitif. Tehnik dan analisis data yaitu: data kualitatif persentase dari data kemampuan bertanya, aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif yaitu rata-rata data kemampuan kognitif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bertanya dan kognitif siswa dari tindakan siklus I ke siklus II yang berpengaruh terhadap peningkatan capaian indikator hasil belajar. kemampuan kognitif siswa kelas VIIIB. rata-rata siklus I adalah 66, meningkat menjadi rata-rata 88 pada siklus II dan telah mencapai KKM 70 yang telah ditentukan. Kemampuan bertanya pada siklus I persentasenya C1 72%, C2 60%, C3 56%, C4 56%, C5 44?n C6 12%, meningkat pada siklus II persentasenya C1 76% , C2 64%, C3 68%, C4 68%, C5 60?n C6 48%. Aktivitas guru dan siswa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I persentasenya 60,83% meningkat pada siklus II persentasenya 87,13%. Aktivitas siswa pada siklus I persentasenya 55,86% meningkat pada siklus II persentasenya 82, 86%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan kognitif siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 7 Palu. Kata kunci : reciprocal teaching, kemampuan bertanya, kemampuan kognitif. |