JudulPENGARUH PENDEKATAN STEM DALAM MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KERJA ILMIAH MATERI IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALU |
Nama: FITRIANSYAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Fitriansyah, 2021. Pengaruh Pendekatan Stem Dalam Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap dan Kerja Ilmiah Materi IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Sahrul Saehana, Pembimbing Anggota: I Komang Werdhiana Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh pendekatan STEM dalam model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan kerja ilmiah materi IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi-eksperiment dengan bentuk desain ekperimen kontrol group pretest-postest. Populasi penelitian berjumlah 288 siswa kelas VIII dan dipilih 64 siswa sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 32 siswa kelas VIII Apel sebagai kleas kontrol dan 32 siswa kelas VIII Manggis sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data menggunakan angket observasi sikap ilmiah dan kerja ilmiah siswa. Data hasil penelitian di analisis menggunakan Uji metode KolmogorovSmirnov dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Pendekatan STEM dalam model Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan kerja ilmiah siswa. Hal ini ditunjukkan pada korelasi antara sikap ilmiah dan kerja ilmiah pada kelas eksperimen adalah 0,664 dengan siginfikansi 0,000 < 0,005, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara sikap ilmiah dan kerja ilmiah adalah kuat(signifikan). Koefisien korelasi antara sikap ilmiah dan kerja ilmiah pada kelas kontrol adalah 0,818 dengan signfikansi 0,000 < 0,005, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang kuat antara pendekatan STEM dalam model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan kerja ilmiah ilmiah. Kata Kunci : Pendekatan STEM, Inkuiri terbimbing, Sikap dan Kerja ilmiah |