Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATERI EKSKRESI MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP GAMALIEL PALU
Nama: VIVIANA KULI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Vivianakuli. 2020. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual Pada Materi Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Gamaliel Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Achmad Ramadhan (II) Lilies N. Tangge. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Gamaliel Palu Pada Kelas VIII dari bulan Februari 2020 sampai Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mendesrikpsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media visual terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gamaliel Palu. 2. Untuk mendesrikpsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Gamaliel Palu. 3. Untuk mendesrikpsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Gamaliel Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan angket dan tes ekperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Gamaliel Palu yaitu kelas VIII Filipi dengan jumlah sisiwa 25 orang, kelas VIII Efesus dengan jumlah siswa 25 orang dipilih menggunakan purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media visual dalam materi Sistem Ekskresi Manusia, sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media visual materi Sistem Ekskresi Manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media visual berpengaruh secara nyata terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai thitung = 3,587 > nilai ttabel = 2,048 dan hasil belajar diperoleh nilai thitung = 5,763 > nilai ttabel = 2,101. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media visual pada materi ekskresi manusia secara nyata berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Gamaliel Palu. Kata Kunci : Kooperatif tipe jigsaw, media visual, motivasi belajar, hasil belajar, materi ekskresi manusia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up