Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BIOLOGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 PALU
Nama: ERVITA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ervita. 2020. Pengaruh Penerapan Model Problem Solving terhadap Penguasaan Konsep dan Hasil Belajar Siswa tentang Biologi di Kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing : (I)H.Andi Tanra Tellu,(2) Hj. Masriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem solving terahadap penguasaan konsep dan Hasil Belajar Siswa tentang Biologi di Kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experimen atau eksperimen semu. .Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palu pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 128 siswa. Dengan Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIIID sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 32 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling (secara acak). Analisis data dilakukan dengan ¬uji t (t test) dan uji Mann Whitney U berbantukan program SPSS for Windows 21. Berdasarkan hasil analisis data dapat Disimpukan bahwa : 1) model problem solving berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan hasil belajar siswa tentang biologi di kelas VIII SMP Negeri 16 Palu., 2) Penguasaan konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tentang biologi di kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Kata Kunci : Problem Solving, Penguasaan Konsep, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up