Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH KONSEP IPA SISWA SMP NEGERI 7 PALU
Nama: IRNANINGSIH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK IRNANINGSIH, A202 18 073, 2018 “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah konsep IPA Siswa SMP Negeri 7 Palu. “Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana. Universitas Tadulaku. Pembimbing 1: Mohammad Jamhari dan pembimbing 2 : Mursito Bialangi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah konsep IPA siswa SMP Negeri 7 Palu. Desain Penelitian adalah nonequivalent control group design. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VII. kelas yang dipilih adalah Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes essay Berpikir kritis sebanyak 10 butir soal, tes essay pemecahan masalah sebanyak 4 butir soal dan lembar observasi guru dan siswa. Model Problem Based Learning telah diterapkan dalam pembelajaran sesuai dengan sintaks model Problem Based Learning yang diperoleh dari data kualitatif hasil rata-rata observasi guru dengan kategori sangat aktif dan hasil rata-rata observasi siswa dengan kategori aktif. Data kuantitatif diperoleh dari data hasil analisis dengan uji t. Hasil t-test uji kemampuan berpikir kritis sebesar. Asymp.Sig (2-tailed) 0,000<0,005) maka H1 diterima. Hasil t-test uji kemampuan pemecahan masalah sebesar Asymp.Sig (2-tailed) 0,000<0,05 H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah konsep IPA siswa SMP Negeri 7 Palu. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up