Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS HYPERDOCS TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN IPA
Nama: VICTOR EFERHAR SANDEWA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Victor Eferhar Sandewa, 2021. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Hyperdocs Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa SD Pada Pembelajaran IPA. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Mery Napitupulu, dan Pembimbing Anggota: Daud K. Walanda Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) yang praktis dan efektif berbasis Hyperdocs terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan desain instruksional 4D. Subyek penelitian adalah siswa SDN 15 Palu kelas V, semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 orang, terdiri atas 13 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes, berupa pretest dan posttest, teknik observasi, siswa dan aktivitas guru, teknik Angket, untuk mengukur keterampilan kolaborasi siswa. Indikator Angke keterampilan kolaborasi yaitu: 1) berkontribusi secara aktif, 2) bekerja secara produktif, 3) menunjukkan flesibilitas dan kompromi, 4) mengelola proyek dengan baik, 5) menunjukkan sikap menghargai, 6) menunjukkan tanggung jawab.Hasil dari penelitian ini yaitu LKS berbasis HyperDocs yang dikembangkan memperoleh hasil penilaian ahli terhadap LKS berbasis HyperDocs sebesar 75?ngan kriteria valid, hasil penilaian ahli terhadap angket keterlaksanaan Pembelajaran rata-rata perolehan sebesar 93,75% kategori valid, hasil penilaian ahli terhadap angket respon peserta didik rata-rata perolehan 94,17 kategori valid. LKS berbasis HyperDocs yang dikembangkan memiliki nilai praktis dalam keterlaksanaan pembelajaran pertemuan 1 dan 2 sebesar 88,16?n 87,50?ngan kriteria sangat praktis. LKS berbasis HyperDocs yang dikembangkan efektif dalam pembelajaran IPA Uji keefektifan dilihat dari hasil Pretest, Posttest dan Efek SizeCohen. Nilai rata-rata pretest yang di peroleh peserta didik yaitu 36,07 dan nilai rata-rata posttest yang di peroleh peserta didik yaitu 79,64. Ini menunjukan bahwa nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest. Nilai rata-rata Efek SizeCohen yang di dapatkan yaitu 0,78 dengan kriteria tinggi, hal ini menunjukan bahwa LKS berbasis HyperDoc yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan kolaboratif peserta didik. Kata kunci : LKS berbasis HyperDocs, Keterampilan Kolaboratif, Pembelajaran IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up