Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Keterampilan Bertanya Siswa Dalam Kaitannya Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri
Nama: Suriyani
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK SURIYANI. A202 18 064. 2022 Profil Keterampilan Bertanya Siswa Dalam Kaitannya Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Inkuiri. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program magister Pascasarjana. Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Tri Santoso dan Pembimbing 2 : Sitti Rahmawati Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan bertanya siswa kelas 5 SDN Inpres I Lasoani pada mata pelajaran IPA setelah diterapkan model belajar Inkuiri, serta keterkaitannya terhadap keterampilan berpikir kritis pada level penerapan dan analisis. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (Mixed Methods), yaitu pendekatan penelitian yang mengkombinasikan bentuk kuantitatif dan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres I Lasoani Kecamatan Mantikulure Palu Timur yang berjumlah 41 orang. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling memilih subyek yaitu 12 siswa yang terdiri dari 5 perempuan dan 7 laki-laki yang dipilih sebagai sampel dimana tingkat kemampuan pelajaran IPA dengan 3 kategori kelompok siswa yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, pretest,posttest dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kriteria ketrampilan bertanya siswa dan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran inkuiri termasuk kategori sedang. Kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran inkuiri untuk kelompok kognitf tinggi sebesar 62,71%, kelompok kognitif sedang sebesar 50,11?n kelompok kognitif rendah memperoleh 46,22%. Ketiga kelompok kognitif tersebut berada pada level N-gain sedang.Dengan demikian peningkatan keterampilan berpikir kritis Siswa SD 5 Lasoani setelah mengikuti pembelajaran inkuiri meningkat secara efektif pada kategori sedang. Hubungan antara kemampuan bertanya dan berpikir kritis terdapat hubungan yang positif. Kata kunci : Profile Bertanya, Berpikir Kritis, Model Inkuiri

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up