Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 27 PALU PADA MATA PELAJARAN IPA
Nama: SURYANA M. MAKAWARU
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 27 Palu melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan di kelas dengan cara siklus. Subyek penelitian adalah siswa SDN 27 Palu kelas IV semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan aplikasi Google Meet dan WhatsApp. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Media yang digunakan dalam penelitian adalah video pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.Semua perangkat pembelajaran yang digunakan telah divalidasi secara teliti oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 palu pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dari kondisi awal (pra siklus) yaitu 46,67% (sangat rendah), meningkat 63,33% pada siklus I, menjadi 80% pada kondisi akhir siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dari nilai rata-rata hasil belajar pada kondisi awal 66,67 meningkat pada siklus I menjadi 73,67, dan pada siklus II menjadi 80,33. Persentasi jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari kondisi awal (pra siklus) 50% meningkat 73,33% pada evaluasi siklus I dan menjadi 86,67% pada evaluasi siklus II telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 80%. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up