Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MEDIA HAKA-BODAPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA KELAS IV SDN POBOYA
Nama: DADANG RAHMAN SIDIQ
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Media Haka Bodapa pada siswa kelas IV SDN Poboya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen pengumpulan data berupa lembar tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I ranah afektif siswa 3,84 dengan kategori cukup sedangkan siklus II ranah afektif 4,25 kategori baik. Sedangkan untuk ranah psikomotorik 3,85 kategori cukup dan siklus II 4,11 kategori baik. Daya serap klasikal pada pembelajaran awal sebesar 66,6?n 67,2%. Hasil belajar siswa siklus I adalah 72,77%. Sedangkan untuk siklus II 84,1%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media Haka Bodapa mencapai ketuntasan minimal serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Poboya. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Haka-Bodapa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up