JudulPEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BIRO |
Nama: WIWIN APRIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK WIWIN APRIANI, A 202 18 061. “Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing pada pelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Biro”. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains program magister, pascasarjana Universitas. Ketua Tim Pembimbing Purnama Ningsih anggota pembimbing Irwan Said. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Biro melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa SDN Biro Palu kelas V berjumlah 20 orang. Terdiri dari laki-laki 6 orang dan orang perempuan 14 0rang. Hasil analisis pratindakan menunjukan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 25%. Setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA, diperoleh peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 78,25%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 85,70%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 40%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 80?ri siswa memperoleh nilai ketuntasan secara klasikal. Perolehan hasil belajar pada siklus 2 telah memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM). Perolehan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 2. Peningkatan ini disebabkan oleh penerapan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri terbimbing mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. Kata kunci : Motivasi belajar, Hasil belajar |