Judul PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4B SDN PALUPI PALU |
Nama: HASMIN LUMUAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Hasmin Lumuan, A 202 18 035, Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4B SDN Palupi Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana. Universitas Tadulaku. Pembimbing Utama; Marungkil Pasaribu, Pembimbing anggota; Anang Wahid M. Diah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas 4B SDN Palupi Palu dengan pendekatan saintifik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 4B SDN Palupi Palu semester genap tapel 2020/2021dengan jumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi untuk guru dan peserta didik, dan tes tulis dengan menggunakan instrumen lembar butir soal. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 69,00% kategori cukup aktif dan meningkat menjadi 86,44% kategori sangat aktif. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 81,76% kategori baik dan meningkat menjadi 91,49% pada siklus II dengan kategori amat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 70,53 berada pada taraf tuntas terjadi peningkatan menjadi 83,40 berada pada taraf tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas 4B SDN Palupi Palu. Kata Kunci : Pendekatan saintifik, kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil belajar |