JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL WEBBED UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KERJASAMA SISWA KELAS III PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI SD INPRES 3 TATURA KECAMATAN PALU SELATAN |
Nama: YULIANTI ABDUL MANAN RIJAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kerjasama siswa kelas III di SD Inpres 3 Tatura Palu melalui penerapan pembelajaran tematik model Webbed pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR), yaitu penelitian yang dilakukan di kelas dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa SD Inpres 3 Tatura Palu kelas III semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Semua perangkat pembelajaran yang digunakan telah divalidasi secara teliti oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik model Webbed dapat meningkatkan motivasi dan kerjasama siswa kelas III SD Inpres 3 . Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan persentase motivasi siswa yaitu dari 70% pada siklus I,menjadi 87% pada siklus II. Demikian pula dengan peningkatan kerjasama siswa dari 70% pada siklus I, menjadi 83% pada siklus II. Peningkatan motivasi dan kerjasama siswa telah memenuhi standar yang diharapkan yaitu minimal ?80% atau berkategori minimal baik. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik model Webbed, Motivasi, KerjaSama. |