JudulKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PENJUMLAHAN VEKTOR MENGGUNAKAN GRID DAN JAJARAN GENJANG |
Nama: OLIS SUMALONG |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Olis Sumalong, 2020. Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Penjumlahan Vektor Menggunakan Grid dan Jajaran Genjang. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Supriyatman, Pembimbing Anggota: Jusman Mansyur Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan pemecahan masalah pada penjumlahan vektor menggunakan grid dan jajaran genjang. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 siswa dan dipilih 4 responden dengan cara pemberian tes. Pemilihan responden dilakukan dengan dalam bentuk tes pilihan ganda kemudian dikelompokkan dan dikategorikan, dan dipilih masing-masing 2 responden yang mewakili tinggi dan rendah. Data diperoleh melalui pemberian tes kepada responden yang telah dipilih serta wawancara langsung dengan responden. Tes terdiri dari empat nomor soal tentang materi vektor dimana dua nomor soal terdiri dari vektor dengan menggunakan Grid dan dua nomor soal vektor tanpa Grid dan setelah itu dilakukan wawancara. Data penelitian dianalisis melalui skor tahapan Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa masih kurang mampu memecahkan masalah pada penjumlahan vektor menggunakan Grid dan jajaran genjang. Siswa banyak mengalami kesulitan pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Hal ini disebabkan karena siswa melakukan kesalahan teknis yang meliputi ketidakmampuan siswa dalam melakukan operasi matematika/perhitungan. Siswa juga lebih mampu mengerjakan soal penjumlahan vektor dalam bentuk jajaran genjang dibanding dengan yang menggunakan grid. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsep penjumlahan vektor dengan menggunakan grid dan juga ketidak mampuan siswa dalam melakukan operasi matematika/perhitungan. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Grid dan Jajaran Genjang |