JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA |
Nama: YULIYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Yuliyanti, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Darsikin, Pembimbing Anggota: Amiruddin Hatibe. Pembimbing Anggota : Mohammad Yazdi Pusadan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen semu (quasi-experiment) dan desain quasi experimental dengan bentuk non-equivalentcontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Palu pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Instrumen pengukuran terdiri dari tes pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Materi tes adalah Gelombang Bunyi untuk kelas XI semester genap dan berbentuk tes uraian. Data yang dikumpulkan dari penelitian diolah dengan melalui teknik statistik menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi gelombang bunyi, yang ditunjukkan dengan nilai signifikannya (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan (?). (2) terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi, yang ditunjukkan dengan nilai signifikannya (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan (?). Kata Kunci: PBL melalui Pendekatan CTL, Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah |