Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KONSEPSI SISWA KELAS XI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU DAN SMA NEGERI 3 PALU PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Nama: FITRIAN RAMADIANSYAH
Tahun: 2021
Abstrak
Fitrian Ramadiansyah, 2021. Analisis Konsepsi Siswa Kelas XI SMA Labschool UNTAD Palu dan SMA Negeri 3 Palu Pada Materi Suhu Dan Kalor. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Amiruddin Hatibe, Pembimbing Anggota: Sahrul Saehana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Konsepsi Siswa Kelas XI SMA Labschool UNTAD Palu dan SMA Negeri 3 Palu Pada Materi Suhu Dan Kalor. Penelitian ini merupakan penellitian kualitatif, sehingga dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 3, 15 siswa disetiap sekolah yang sudah memepelajari materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Artinya penelitian ini menganalisis pemahaman konsep siswa melalui penggunaan tes diagnostik dan teknik pengumpulan datanya menggunakan instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda 4 tingkat (four tier test) sebanyak 15 butir soal yang disertai dengan CRI (Certainty of Response Index) tanpa menyampingkan faktor penyebabnya, serta mengidentifikasi hasil penelitian dan mendeskripsikannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat miskonsepsi SMA Negeri 3 Palu sebesar 26 ?n SMA Labschool UNTAD Palu 22 %, persentase tingkat miskonsepsi peserta didik SMA Negeri 3 Palu sebesar 60 ?n SMA Labschool UNTAD Palu 47%. Butir soal yang paling banyak mengalami niskonsepsi pada SMA Negeri 3 Palu terjadi pada butir soal nomor 13 dimana peserta didik yang mengalami miskonsepsi sebanyak 7 orang dengan persentase miskonsepsinya sebesar 47 %, sedangkan pada SMA Labschool UNTAD Palu terjadi pada nomor 2, 3, dan 12 dimana peserta didik yang mengalami miskonsepsi masing-masing 5 orang tiap butir soal dengan persentase miskonsepsinya sebesar 33%. Setelah melakukan penelitian terdapat 3 faktor penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu peserta didik, metode pembelajaran, dan guru. Kata Kunci: Konsepsi, four tier test, Certainty of Response Index (CRI), Suhu dan Kalor.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up