JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN STRUKTUR BERPIKIR SISWA PADA MATERI GERAK PARABOLA MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST |
Nama: RATI ASTARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rati Astari, 2020. Analisis Pemahaman Konsep Dan Struktur Berpikir Siswa Pada Materi Gerak Parabola Menggunakan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Amiruddin Hatibe, Pembimbing Anggota : Supriyatman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil konsepsi dan struktur berpikir siswa melalui remedial yang dilakukan pada tiap-tiap responden pada materi gerak parabola. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Balaesang pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas X MIA 1 yang turut serta dalam Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test dan dipilih 8 orang siswa sebagai responden untuk dilakukan metode thinking aloud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa profil konsepsi yang dimiliki siswa kelas X SMAN 1 Balaesang masih tergolong rendah pada materi gerak parabola. Dari hasil penelitian diperoleh nilai persentase yang dijabarkan berdasarkan kategori tingkat pemahaman konsep dengan yaitu understanding 25.21%, partial understanding 38.23%, misconception 23.11?n not understanding 13.45%. Siswa pada kategori understanding (U) ini memiliki struktur kognitif berupa struktur penalaran logis, dimana struktur berpikirnya tertata dengan sistematis dan telah menguasai materi yang telah diberikan. Siswa pada kategori partial understanding (PU) dan misconception (M) memiliki struktur kognitif berupa struktur representasi simbolik terjadi karena tidak memahami konsep dengan baik. Siswa pada kategori not understanding (NU) mempunyai struktur kognitif berupa struktur berpikir komparatif yaitu mereka dalam memproses informasi berada pada tahap mengidentifikasi bagaimana data sama dan berbeda. Siswa masih sulit membedakan kecepatan dan percepatan pada gerak parabola. Selain itu siswa menganggap bahwa semakin besar sudut elevasi maka jarak maksimum yang ditempuh benda akan semakin jauh. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Struktur Berpikir, Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test, thinking aloud. |