Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 21 BULUBONGGU
Nama: ABDUR RAHMAN
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Abdur Rahman, A20218018. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Negeri 21 Bulubonggu. Pembimbing Utama Tahril, Pembimbing Anggota Purnama Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan model project based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) menggunakan tipe counter balanced design dengan desain penelitian Post-test Only Control Design yang dilaksanakan dalam dua sesi penelitian. Populasi penelitian adalah peserta didik Kelas VII SMP Negeri 21 Bulubonggu. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas VIIb sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIIb sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian pada sesi pertama nilai keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen 1 rata-rata sebesar 56,40, kelas eksperimen 2 sebesar 37,95, sedangkan nilai hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 diperoleh rata-rata sebesar 70,00, kelas eksperimen 2 rata-rata 54,50. Hasil uji parametrik indipendent-sample T test keterampilan proses sains diperoleh sig = 0,001 dan hasil belajar diperoleh sig = 0.000 sehingga H0 ditolak, artinya ada pengaruh model projectbased learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Sesi kedua nilai keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen 1 diperoleh rata-rata sebesar 60,60, kelas eksperimen 2 sebesar 72,80, dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 diperoleh rata-rata sebesar 62,00, kelas eksperimen 2 sebesar 74,00. Hasil uji parametrik indipendent-sample T test keterampilan proses sains diperoleh sig = 0,043, hasil belajar diperoleh sig = 0.042 sehingga H0 ditolak, artinya ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Model project based learning, model konvensional, keterampilan proses sains, hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up