Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Konsep Cahaya Di SMP Negeri 1 Poso
Nama: SUGENG WIBOWO
Tahun: 2021
Abstrak
Pembelajaran IPA terpadu di SMP menarik dikembangkan dengan tipe Connected. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru di sekolah, ditemukan beberapa kendala siswa dalam belajar konsep IPA tidak terpadu karena masih ditemukan belajar konsep IPA secara parsial. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk menyatakan: 1) kelayakan dalam pembelajaran; 2) respons siswa; 3) hasil belajar siswa, dan; 4) kendala-kendala selama penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) kelayakan perangkat pembelajaran materi konsep Cahaya; 2) respon siswa terhadap pengembangan perangkat; 3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran; dan 4) kendala-kendala yang terjadi selama penelitian berlangsung. Metodologi penelitian ini deskriptif dengan analisis metode fenomenologis yang berusaha mendeskripsikan kelayakan, aktivitas dan respon siswa, serta kendala dalam pengembangan perangkat. Hasil yang diperoleh, berupa: produk perangkat yang telah dikembangkan dengan berkategori baik menurut guru dan teman sejawat. Teradapat ketuntasan selama uji coba terbatas, perangkat pembelajaran berupa Buku Bacaan Siswa, Lembar Kerja Siswa berkategori baik, hasil pre-test dan post-test dalam uji coba lebih luas sebagian besar tuntas pada kelas eksperimen dibandingkan pada kelas kontrol. Produk pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe Connected pada materi Cahaya berkategori baik dan layak digunakan. Kesimpulan bahwa terdapat: 1) kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Buku Bacaan Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Tes hasil Belajar adalah berkategori baik dan efektif; 2) Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran terpadu tipe connected berkategori baik; 3) produk hasil pengembangan perangkat yang signifikan antara Buku Bacaan Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Tes Hasil Belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Poso, serta kendala yang ditemukan selama penelitian adalah terbatasnya waktu, sehingga pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan kurang maksimal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up