JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TES LISAN DAN TES TERTULIS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA LABSCHOOL PALU |
Nama: MARWA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Marwah, 2020. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa menggunakan Tes Lisan dan Tes Tertulis pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Labschool Palu”. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mursito Bialangi (2) Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan tes lisan dan tes tertulis pada mata pelajaran biologi di SMA Labschool Palu dan (2) mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan tes lisan dan tes tertulis pada mata pelajaran biologi di SMA Labschool Palu. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Mia dan XI Mia yang berjumlah 153 siswa dan jumlah sampel penelitian 110 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan analisis statistik tes lisan dan tes tertulis menunjukkan bahwa, pada tes lisan siswa yang mendapatkan kategori kurang berjumlah 48 siswa dengan presentase 12,7 ?n pada kategori cukup berjumlah 7 siswa dengan presentase 87,2 %, sedangkan pada kategori baik dan baik sekali berjumlah 0 siswa. Pada tes tertulis siswa yang mendapatkan kategori kurang berjumlah 33 siswa dengan presentase 60 %, pada kategori cukup berjumlah 14 siswa dengan presentase 25,4 %, pada kategori baik berjumlah 5 siswa dengan presentase 9,0 ?n baik sekali berjumlah 3 siswa dengan presentase 5,4 %. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon menunjukkan bahwa, pada output Test Statistic, Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ho Ditolak”. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diberikan tes lisan dengan yang diberikan tes tertulis pada mata pelajaran biologi, dengan rata-rata tes tertulis lebi tinggi dari pada rata-rata tes lisan, baik kelas X Mia maupun kelas XI Mia. Kata Kunci: Hasil Belajar, Tes Lisan, Tes Tertulis |