JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG KAJIAN ETNOBOTANI TUMBUHAN PADA SUKU LAUJE DI DESA SIBOANG KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA |
Nama: NIRMAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nirmawati, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Tentang kajian Etnobotani Tumbuhan pada Suku Lauje di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing(I) Masrianih, Pembimbing (2) Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengetahuan tentang pemanfaatan tumbuhan yang digunakan oleh masyarakat Suku Lauje di desa Siboang dengan cara mengidentifikasi jenis, bagian tumbuhan digunakan, manfaat dan cara pengolahan tumbuhan serta menjadikan hasil penelitian sebagai media pembelajaran dalam bentuk buku saku. Penelitian telah dilakukan di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala, pada bulan Agustus 2020. Responden penelitian terdiri dari 7 orang yang mengetahui pemanfaatan tumbuhan berguna yang mewakili masyarakat Suku Lauje. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif. Metode yang digunakan adalah metode jelajah dan sampel diambil secara acak. Model pengembangan media pembelajaran buku saku yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4-D (four D models). Model 4-D ini terdiri dari 4 tahap utama, yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini memperoleh sebanyak 43 jenis tumbuhan yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan dipercaya oleh masyarakat berpotensi menyembuhkan penyakit. Sebanyak 43 jenis tumbuhan yang ditemukan di Desa Siboang terdiri dari 28 famili, yang terbanyak ialah famili Arecaceae, Poaceae dan Zingiberaceae, masing-masing terdiri dari 4 spesies. Jenis-jenis tumbuhan tersebut digunakan berbagai manfaat antara lain. Sebagai bahan sandan pangan, sebagai obat, rempah-rempah, pelengkap ritual upacara adat, kerajinan tangan sebagai penghasil tambahan dan sebagai bahan bakar. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku saku dengan presentase 83% (Sangat Layak) sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Etnobotani, Tumbuhan, Media Pembelajaran. |