JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA YANG DIUKUR MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA BERALASAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: ALWIA SAMADURI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Alwia Samaduri. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Yang Diukur Menggunakan Tes Pilihan Ganda Beralasan Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 7 Palu. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) I Nengah Kundera, (2) Mohammad Jamhari. Telah dilakukan penelitian mengenai analisis pemahaman konsep siswa yang diukur menggunakan tes pilihan ganda beralasan pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 7 Palu yang diukur menggunakan tes pilihan ganda beralasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X dan XI yang berjumlah 247 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pemahaman konsep siswa kelas X terhadap pokok bahasan plantae menunjukkan sebanyak 40% siswa yang memahami konsep, 42,92% siswa yang mengalami miskonsepsi dan 17,08% siswa yang tidak memahami konsep. Sedangkan untuk hasil analisis pemahaman konsep siswa kelas XI terhadap pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia diperoleh data yaitu sebanyak 36,24% siswa memahami konsep, 43,25%siswa yang mengalami miskonsepsi dan 20,51% siswa tidak memahami konsep. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman Konsep, Pilihan Ganda Beralasan |