JudulPEMBELAJARAN INTERPRETASI GRAFIK KINEMATIKA SISWA SMA |
Nama: LIA SETIYAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Lia Setiyawati, 2020. Pembelajaran Interpretasi Grafik Kinematika Siswa SMA. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim I Komang Werdhiana, Anggota Tim Pembimbing Amiruddin Kade. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan interpretasi grafik kinematika siswa SMA, (2) mengetahui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan interpretasi grafik kinematika siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Lab School UNTAD Palu Tahun ajaran semester genap 2019/2020 di kelas X MIA 1 dengan jumlah 22 siswa. Jenis penelitian menggunakan metode campuran (mixed methods) kualitatif dan kuantitatif dengan strategi embedded konkuren artinya metode primer (kualitatif) yang memainkan peran dalam prosedur-prosedur penelitian, sedangkan metode sekunder (kuantitatif) hanya sebagai pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu test awal grafik kinematika, wawancara, pembelajaran grafik kinematika, test akhir grafik kinematika, pemberian angket respon siswa terhadap pembelajaran. Tes awal grafik kinematika menunjukkan rata-rata nilai keseluruhan siswa 39,09, setelah dilakukan remediasi menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) menunjukkan bahwa dari 10 soal esai yang diujikan rata-rata nilai siswa keseluruhan 91,25, adapun respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan siswa sangat antusias terhadap pembelajaran yang diberikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan interpretasi grafik kinematika setelah dilakukan pembelajaran. Kata Kunci: Interpretasi Grafik Kinematika, Pembelajaran. |