JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS INSTRUKSI GURU TERHADAP KINERJA SISWA DAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN PERTANYAAN KUALITATIF |
Nama: DITA PUSPITA SARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Dita Puspita Sari, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Instruksi Guru Terhadap Kinerja Siswa dan Keterampilan Menyelesaikan Pertanyaan Kualitatif. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama : Dr. Darsikin, M.Si. Pembimbing Anggota : Dr. Unggul Wahyono, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis instruksi guru terhadap kinerja siswa, (2) Pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis instruksi guru terhadap keterampilan menyelesaikan pertanyaan kualitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Palu tahun ajaran 2020-2021. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain “Nonequivalent Group Posttest-Only Design” dan “Non ekivalen pretest-posttest design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pertanyaan kualitatif dalam bentuk essay dan lembar observasi pengamatan kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis instruksi guru terhadap kinerja siswa, dilihat dari hasil uji hipotesis One Way Anova dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,003 < 0,05 dan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis instruksi guru terhadap keterampilan menyelesaikan pertanyaan kualitatif dilihat dari rata – rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 77,56 dan 56,84 dan hasil uji t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < ? (0,05). Kata kunci: Inquiry, Inquiry Berbasis Instruksi Guru, Kinerja Siswa, Keterampilan Menyelesaikan pertanyaan Kualitatif |