Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENDEKATAN CONCEPTUAL PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA
Nama: HERDIANSYAH SAPUTRA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Herdiansyah Saputra, 2020. Pengaruh Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Jusman Mansyur. Pembimbing (II) Supriyatman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan conceptual problem solving (CPS) terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalah fisika siswa. Desain penelitian adalah eksperimen kuasi dengan Pretest-posstest Non-equivalent Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen digunakan berupa uraian tes yang berjumlah 4 nomor untuk mengukur kemampuan representasi dan pemecahan masalah. Pendekatan CPS berpengaruh terhadap kemampuan representasi siswa dikarenakan pendekatan CPS dapat membangun pemahaman siswa dengan memberikan informasi yang lengkap dari berbagai bentuk yang disajikan. Pendekatan CPS mampu memecahkan masalah dengan 3 tahapan problem solving dengan benar. Pada pendekatan CPS terdapat 3 tahapan problem solving yang diukur dalam penelitian ini adalah pemahaman terhadap masalah, membuat perencanaan masalah dengan konsep dan menyelesaikan masalah tersebut. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa pemecahan suatu masalah dipengaruhi adanya representasi masalah yang sesuai. Representasi dari masalah yang sesuai adalah dasar untuk untuk memahami masalah dan membuat suatu rencana untuk memecahkan masalah. Siswa yang mempunyai kesulitan dalam merepresentasikan masalah akan memiliki kesulitan dalam memecahkan masalah. Analisis data menggunakan Uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS 22,0 pada taraf signifikansi 0,05 dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji statistik kemampuan representasi diperoleh Sig. = 0,000 dan pemecahan masalah Sig. = 0,000 dengan kriteria terima Ho jika Sig. > 0,05 dan tolak H0 jika Sig. < 0,05. Nilai Sig. < 0,05 sehingga Ho ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh pendekatan conceptual problem solving (CPS) terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalah fisika siswa. Kata kunci: Conceptual Problem Solving (CPS), Kemampuan representasi, Pemecahan masalah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up