Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAPKEMAMPUAN BERFIKIn KRITIs NAN HASIL BELAnAn SIswA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X MAN 1 KOTA PALU
Nama: SILVIA
Tahun: 2020
Abstrak
Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MAN 1 Kota Palu. Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (Ketua), H. Baharuddin Hamzah, (Anggota) Kasmudin Mustapa.. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di Kelas X MIA MAN 1 Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment atau eksperimen semu, dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan One group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 1 sebanyak 23 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas X MIPA 2 sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen 2. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling atau sampel jenuh. Analisis hasil keterampilan berpikir kritis siswa yang diukur dengan 3 (tiga) indikator yaitu interpretasi, analisis, dan evaluasi. Nilai setiap indikator pada kelas eksperimen 1 yaitu interpretasi 83,33%, analisis 75,54%, dan evaluasi 79,35%, sedangkan pada kelas eksperimen II yaitu interpretasi 83,33%, analisis 83,33%, dan evaluasi 83,33%. Adapun analisis data kemampuan berpikir kritis siswa pada tes awal diperoleh sebesar 22,47 sedangkan pada tes akhir sebesar 65,02, dan analisis data hasil belajar siswa pada tes awal diperoleh sebesar 66,1364, sedangkan pada tes akhir sebesar 80,7955. Berdasarkan analisis data dengan N-gain diperoleh kelas eksperimen 1 sebesar 0,59 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,60 yang berarti semua berada dalam kategori sedang, hal ini menunjukkan bahwa penerapan problem based learning sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X MAN 1 Kota Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up