Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR DI KOTA PALU
Nama: SARIPAH MEISAHRO
Tahun: 2020
Abstrak
Saripah Meisahro, 2020. Hubungan Motivasi dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar di Kota Palu. Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (Ketua), H. Amiruddin Kasim, (Anggota) Kasmudin Mustapa.. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar di Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan melihat hubungan antara dua variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi yang berjumlah 267 siswa yaitu siswa kelas V dan VI SD Alkhairaat 1 Palu, SD Inpres Bumi Sagu dan SD Inpres Boyaoge. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling atau sampel jenuh. Hasil perhitungan frekuensi motivasi belajar terdapat 19,85% yang memperoleh nilai 81-127 berada pada kategori sedang dan untuk kategori tinggi sebanyak 80,15%, yang memperoleh nilai 128-175, sedangkan kriteria rendah 0%. Hasil Analisis deskriptif gaya belajar siswa diketahui terdapat 127 atau 47,6% siswa yang memiliki gaya belajar auditori, 61 atau 22,8% siswa memiliki gaya belajar visual dan 79 atau 29,6% siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil belajar IPA dalam frekuensi diperoleh nilai 75,2-79,4 berjumlah 79 orang (29,59%) memiliki kriteria rendah, dan yang memperoleh nilai 79,5-85,4 berjumlah 175 orang (65,54%) memiliki kriteria sedang, dan siswa yang memperoleh nilai 85,5-90 berjumlah 13 orang (4,87%) memiliki kriteria tinggi. Hasil uji statistik menyatakan bahwa 1) terdapat hubungan yang sedang atau cukup kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar di Kota Palu, yaitu dengan nilai hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 0,508. 2) terdapat hubungan yang lemah antara gaya belajar dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar di Kota Palu dengan nilai hubungan gaya belajar dengan hasil belajar 0,324. serta 3) terdapat hubungan yang sangat lemah antara motivasi belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar di Kota Palu dengan nilai 0,039. Kata Kunci : motivasi belajar, gaya belajar, hasil belajar, IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up