Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Perbandingan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Pendidikan Fisika Dan Pendidikan Kimia
Nama: DESY RAHAYU
Tahun: 2022
Abstrak
Desy Rahayu. 2022. Analisis Perbandingan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim I Jusman Mansyur, Anggota Tim Ijirana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan metakognitif mahasiswa pendidikan fisika dan pendidikan kimia dalam menyelesaikan masalah. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika dan pendidikan kimia, Universitas Tadulo. Subjek penelitian berjumlah 129 orang terdiri dari 52 subjek pendidikan fisika, dan 77 subjek pendidikan kimia. Teknik pengambilan responden diambil berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner keterampilan metakognitif, dan tes pemecahan masalah. Menurut hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendidikan fisika dan pendidikan kimia memiliki keterampilan yang berbeda ketika memecahkan masalah. Perbedaan keterampilan metakognitif mahasiswa pendidikan fisika dan kimia dalam memecahkan masalah adalah ketika menggunakan keterampilan perencanaan yaitu menentukan tujuan, menyusun strategi dan menghubungkan konsep yang tepat dalam memecahkan masalah. Namun, mahasiswa pendidikan fisika dan kimia tidak menggunakan keterampilan metakognitif pemantauan dan evaluasi dengan benar karena mereka cenderung mengalami kebingungan sehingga mereka tidak dapat memecahkan masalah dengan benar. Hal ini bisa disebabkan oleh pemahaman dan penguasaan materi yang berbeda-beda setiap individu. Selain itu, pengalaman dan latihan juga berperan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan keterampilan metakognitif. Kata kunci: Keterampilan metakognitif, pendidikan fisika, pendidikan kimia, dan pemecahan masalah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up