Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Dampelas.
Nama: I GEDE ADI SANJAYA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK I Gede Adi Sanjaya. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Dampelas. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Marungkil Pasaribu, Pembimbing (2): Achmad Ramadhan. Penelitian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang mennggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode eksperimen dan model Problem Based Learning, Mendeskripsikan Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dengan yang memiliki sikap ilmiah rendah, dan Mendeskripsikan Interaksi antara model Problem Based Learning dengan metode eksperimen dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD 4 Dampelas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah desain factorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 4 Dampelas yang terdaftar pada tahun ajaran 2019 / 2020 berjuamlah 2 kelas. Pengambilan sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas IVA berjumlah 23 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan IVB yang berjumlah 22 orang siswa sebagai kelas kontrol. Variabel pada penelitian terdiri dari varibel bebas yaitu Problem Based Learning, variabel terikat yaitu hasil belajar dan variabel moderator yaitu sikap ilmiah. Pengambilan data melalui tes hasil belajar dan angket sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjuk bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode eksperimen dengan yang diajarkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA hal ini sesuai dengan nilai post test hasil belajar dimana kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai (75,90) dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata (62.50). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah pada mata pelajaran IPA hal ini sesuai dengan nilai post test dimana sikap ilmiah tinggi rata-rata nilai (75,00) dan sikap ilmiah rendah memiliki nilai rata-rata (64,29). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan sikap ilmiah, terhadap hasil belajar IPA, berdasarkan diagram estimasi pengaruh model problem based learning dan sikap ilmiah, tidak terdapat perpotongan yakni tegak lurus antara masing-masing sikap ilmiah tinggi dan rendah. Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up