Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI TINGGI DAN RENDAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS X JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMKS PGRI PALU
Nama: RINI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Rini, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Motivasi Berprestasi Tinggi dan Rendah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam- Basa di Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKS PGRI Palu. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (1): Mery Napitupulu, Pembimbing (2): Tri Santoso. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, Interaksi siswa dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing antara motivasi berprestasi tinggi dan rendah, Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Asam-Basa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X TKJ SMKS PGRI Palu pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing, varibel terikat yaitu hasil belajar dan variabel moderator yaitu motivasi berprestasi siswa. Pengambilan data melalui tes hasil belajar, angket motivasi berprestasi dan respon siswa serta lembar observasi perangkat pembelajaran lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing telah terlaksana dengan RPP mendapat persentase sebesar 93,18 %,masuk dalam kategori sangat baik. Terdapat interaksi siswa dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing antara motivasi berprestasi tinggi dan rendah. Respon siswa sangat baik, yang memiliki motivasi berprestasi tinggi maupun rendah. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memiliki nilai 78,88?n rendah memiliki nilai 61,07%, setelah pembelajaran dan hasil belajar meningkat sebesar 0,54% sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Asam-Basa. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Siswa. iii

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up