Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI BUNYI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS METODE E K S P E R I M E N D I K E L A S I V SD INPRES PERUMNAS
Nama: NURHAYATI
Tahun: 2019
Abstrak
Nurhayati. 2019. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Materi Energi Bunyi melalui Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Metode Eksperimen di Kelas IV SD Inpres Perumnas. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Tandra Tellu (II) Amiruddin Hatibe. Faktor utama dalam keberhasilan pengajaran IPA, dituntut memiliki pengetahuan dan kemampuan yang professional dalam memilih dan menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat sesuai karakteristik siswa dalam menyampaikan bahan pengajaran dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran saintifik berbasis metode eksperimen untuk meningkatkan kualitas hasil belajar IPA pada materi energi bunyi di kelas IV SD Inpres Perumnas. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas rancangan model Kemmis dan Mc. Taggart. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SD Inpres Perumnas, pada bulan Januari hingga Maret 2019. Subyek penelitian sebanyak 25 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas siswa pada siklus I 70,45% atau cukup, meningkat pada siklus II menjadi 89,77% atau sangat baik. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 70,83% atau baik, dan meningkat pada siklus menjadi 91,67% atau sangat baik. Daya serap klasikal (DSK) siklus I sebesar 57,5% pada siklus II menjadi 77,5%. Ketuntasan belajar klasikal (KBK) siklus I sebesar 66% meningkat pada siklus II menjadi 86%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis metode eksperimen meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Perumnas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up