Judul MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT SEQIP DI KELAS VI SD INPRES BUMI BAHARI |
Nama: RUGAIYAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak Rugaiyah. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Kit SEQIP di Kelas VI SD Inpres Bumi Bahari. Tesis Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Tandra Tellu (II) Amram Rede. Peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar telah diupayakan antara lain melalui pendekatan pembelajaran yang lebih terpusat kepada aktivitas siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu melalui model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Kit SEQIP dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Inpres Bumi Bahari. Jenis penelitian menggunakan rancangan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bumi Bahari, pada bulan Januari hingga Maret 2019. Subyek penelitian sebanyak 28 orang siswa. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas guru pada siklus I, sebesar 61% kategori cukup, dan siklus II meningkat menjadi 81% kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58% kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 79% kategori baik. Data hasil belajar siswa dengan daya serap klasikal (DSK) siklus I sebesar 63,5?n ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 60,5%. Hasil tersebut mengalami peningkatan pada siklus II dimana DSK menjadi 87,5?n KBK 87%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Kit SEQIP dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas VI SD Inpres Bumi Bahari. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Termbimbing, Kit SEQIP, dan Hasil |