Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM) MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
Nama: RIZAL IRAWAN
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Rizal Irawan, 2021. Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan pendekatan STEM menggunakan mobile learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa pada materi listrik dinamis. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amiruddin Kade , (2). Marungkil Pasaribu Penerapan suatu model pembelajaran dapat mempengaruhi kemampuan siswa memecahkan masalah, kemandirian, dan interaksi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui pendekatan STEM dengan mobile learning terhadap kemampuan memecahkan masalah, kemandirian dan interaksi siswa dalam pembelajaran siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Balaesang. Metode penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XII dan sampel sebanyak 57 siswa, 29 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian tes tertulis, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Data kemampuan memecahkan masalah fisika, angket kemandirian belajar, dan interaksi memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa menggunakan aplikasi software SPSS dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dapat: 1) memecahkan masalah; 2) memiliki kemandirian; dan 3) melakukan interaksi antara kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar. Kesimpulan bahwa terdapat: 1) pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah; 2) pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemandirian belajar siswa, dan 3) terdapat interaksi yang signifikan antara kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, STEM, mobile learning, kemampuan memecahkan masalah, kemandirian belajar. ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up