Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Koya Kabupaten Morowali Utara
Nama: Surahman
Tahun: 2019
Abstrak
Pembelajaran pada abad ke-21 didesain dengan berdasar pada pendekatan belajar kontekstual konstruktivis. Melalui desain ini, siswa kelas IV SD Inpres Koya akan dibiasakan untuk membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan konteks nyata yang bermakna bagi dirinya melalui kegiatan saintifik seperti pengamatan, eksperimen, observasi, maupun melakukan atiktivitas pengumpulan informasi dari berbagai sumber melalui kegiatan wawancara atau kegiatan sejenis lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis lingkungan di SD Inpres Koya (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis lingkungan di SD Inpres Koya. Metode penelitian menggunakan rancangan model hopkins, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SD Inpres Koya, pada bulan Juli hingga Agustus 2018. Subyek penelitian sebanyak 12 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas siswa sebesar 15,33%, pada siklus I diperoleh kategori cukup (71,33%), meningkat pada siklus II kategori sangat baik (86,66%). Peningkatan aktivitas guru sebesar 14,66%, pada siklus I diperoleh kategori baik (76%), dan siklus II kategori sangat baik (90,66%). Data hasil belajar siswa untuk daya serap klasikal (DSK) pratindakan (57,50%), siklus I (74,14%) dan siklus II (85,83%) peningkatan sebesar 11,69%. Untuk ketuntasan belajar klasikal (KBK) pratindakan (41,66%), siklus I (75%) dan siklus II (100%) peningkatan sebesar 25%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas IV SD Inpres Koya Kabupaten Morowali Utara

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up