Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPANMODELPEMBELAJARANBERBASISMASALAH BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG IPA DI KELAS IV SDN 12 PALU
Nama: DELI NOVIANA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Deli Noviana, 2022, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang IPA di Kelas IV SDN 12 Palu, Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pasca Sarjana, Universitas Tadulako, Dosen Pembimbing I. Andi Tanra Tellu, dan Penasihat II. Amran Rede. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang IPA di kelas IV SDN 12 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi dan lembar observasi. Subjek penelitian adalah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dan guru. Aktivitas siswa menunjukkan skor pada siklus I sebesar 67,5%, tergolong cukup, pada siklus II meningkat menjadi 85% tergolong sangat baik. Kegiatan observasi guru pada siklus I menunjukkan skor sebesar 70% tergolong baik, pada siklus II meningkat menjadi 90% tergolong sangat baik. Hasil evaluasi siswa siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 58% sedangkan siklus II presentase ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 83%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang IPA di kelas IV SDN 12 Palu. Kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, video pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up