JudulPENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 1 PAMONA UTARA |
Nama: JENNY IMELDA LARONI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Jenny Imelda Laroni, 2022. Penerapan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Pamona Utara. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama : Afadil, Pembimbing Anggota : Paulus H. Abraham. Penelitian ini bertujuan menentukan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning berorientasikan kearifan lokal pada materi Laju Reaksi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Pamona Utara.Rancangan penelitian menggunakan one group pretest posttest. Populasi seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Pamona Utara. Sampel penelitian sebanyak 54 orang yang terdiri dari 27 orang kelas XI MIPA 1 dan 27 orang kelas XI MIPA 2, dimana kedua kelas tersebut menjadi kelas eksperimen. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh ahli. Skor masing-masing item validitas instrumen penelitian berupa RPP dan LKS yang dihitung sebesar 74,10% yang menandakan RPP dan LKS dinyatakan valid. Untuk instrumen penilaian kepraktisan, keterlaksanaan RPP Problem Based Learning telah terlaksanaan dengan baik sehingga memperoleh nilai sebesar yaitu 91,3 % masuk dalam kategori valid, sedangkan instrumen penilaian keefektifan kemampuan berpikir kritis yang sangat valid yang terbagi atas Interpretasi, Evaluasi, Analisis yakni kelas XI MIPA 1 mendapat nilai berturut – turut 93%, 96,25?n 96,5?n kelas XI MIPA 2 memiliki nilai berturut – turut 95%, 95,50?n 96,5%. Nilai hasil belajar siswa dilihat berdasarkan nilai N-gain siswa baik kelas XI MIPA 1 dan 2 memiliki nilai yakni 0,76 dan 0,74. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kearifan Lokal, |