JudulPENERAPAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) BERBASIS REAL EKSPERIENCE POKOK BAHASAN GERAK HEWAN DAN TUMBUHAN PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA |
Nama: IRSAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Irsan. A 202 17 018. Penerapan Kooperatif Tipe STAD Berbasis Real Eksperience Pokok Bahasan Gerak hewan dan Tumbuhan pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Mohammad Jamhari (II) Mursito Bialangi. Tujuan pendidikan merupakan suatu target yang harus dicapai dalam pembelajaran, maka guru mempunyai posisi dan peran yang sangat penting. Oleh karena itu, guru perlu mengupayakan cara penyampaian materi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA pada pokok bahasan gerak hewan dan tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora melalui penerapan kooperatif tipe STAD berbasis Real experience. Metode penelitian menggunakan rancangan model hopkins, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora, pada bulan September hingga Desember 2019. Subyek penelitian sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 88% (sangat baik), persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 72% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 91% (sangat baik). Begitupun dengan penilaian hasil belajar siswa; persentase penilaian ranah sikap pada siklus I sebesar 87% meningkat pada siklus II menjadi 90%, penilaian ranah pengetahuan pada siklus I untuk daya serap klasikal (DSK) 74?n ketuntasan belajar klasikal (KBK) 83% meningkat pada siklus II daya serap klasikal (DSK) menjadi 80?n ketuntasan belajar klasikal (KBK) 93%, penilaian ranah keterampilan pada siklus I sebesar 69% meningkat pada siklus II menjadi 94%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis real experience dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA pokok bahasan gerak pada tumbuhan di SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Real Experience, dan Hasil Belajar IPA. |