JudulKAJIAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA PROSES KONSTRUKSI SISTEM REPRESENTASI EKSTERNAL DALAM KONTEKS PROBLEM SOLVING PADA MATERI GEOMETRY MOLEKUL |
Nama: MUHAMMAD SILMI HI ABUBAKAR |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian tentang kajian keterampilan metakognitif mahasiswa pendidikan kimia pada proses konstruksi sistem representasi eksternal. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keterampilan metakognitif melalui konstruksi representasi eksternal mahasiswa dalam konteks problem solving. Subjek penelitian ini yaitu dua orang dengan keterampiran metakognitif yang tinggi, dua responden didapatkan dari penjaringan menggunakan angket Metacognitive Activities Inventory, (MCAI). Data yang diperoleh memalui pemberian masalah dengan trianggulasi waktu, diperiksa kredibilitasnya setelah itu diwawancarai. Temuan ini menunjukan bahwa dengan adanya elemen dari keterampilan metakognitif yaitu perencanaan, monitoring dan evaluasi, sistem representasi yang muncul lebih jelas, terstukrur dan mudah di pahami jalan pemecahan masalah. Kata kunci : keterampilan metakognitif, Sistem representasi eksternal |