Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Siniu
Nama: MASRIFAN
Tahun: 2022
Abstrak
Masrifan, A 202 17 013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 1 Siniu. Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas, Pembimbing (I)Lilies Tangge, dan Pembimbing (II) I Nengah Kundera. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis video pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Siniu, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, data diperoleh dari instrument tes awal dan tes akhir tindakan berupa essay dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas siswa terbukti pada siklus I nilai rata-rata presentasi perolehan aktivitas siswa adalah 68?n pada siklus II rata persentase meningkat menjadi 91% 2)penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini sesuai dengan hasil yakni pada siklus I dan siklus II ada peningkatan ketuntasan klasikal dari 71,06% menjadi 97,4%. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up