JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PADA SISWA KELAS XI IPASMAN 8 PALU TAHUN AJARAN 2019/2020 MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI |
Nama: RINA RISNAWATI M |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Rina Risnawati, 2019. Identifikasi Miskonsepsi Materi Struktur & Fungsi Sel Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Palu Tahun Ajaran 2019/2020 Menggunakan Metode Certainty Of Respons Indeks (CRI) Termodifikasi. Program Studi Pendidikan Sains. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Tadulako, Ketua Tim Pembimbing: Achmad Ramadhan dan Anggota Tim Pembimbing: Mursito S Bialangi. Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah diketahui bahwa SMA Negeri 8 Palu memiliki nilai terendah hasil Ujian Nasional (UN) biologi pada tiga tahun terakhir yaitu tahun 2016, 2017 dan 2018 dan pada saat observasi awal di SMAN 8 Palu diketahui bahwa materi sel kelas XI adalah salah satu materi biologi yang sulit di pahami siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Menentukan besaran presentase miskonsepsi pada materi Struktur Fungsi dan Sel Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Palu. (2). Mendeskripsikan indikator (butir soal) materi struktur dan fungsi sel yang kategori persentase miskonsepsi dominan pada siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Palu Tahun Ajaran 2019/2020. (3). Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi Struktur Fungsi dan Sel Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Palu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda beralasan dengan skala certainty of response index (CRI) termodifikasi sebanyak 16 nomor dan lembar wawancara sebagai data pendukung untuk mengetahui penyebab miskonsepsi. Penelitian ini melibatkan 77 siswa kelas XI IPA SMAN 8 Palu yang terdiri dari kelas XI IPA1, XI IPA2 dan XI IPA3 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel populasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1). Persentase tingkat pemahaman siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Palu yang tertinggi berada pada kategori miskonsepsi dengan rata-rata persentase sebesar 50,9?ngan kategori sedang; (2). Terdapat 10 butir-butir soal miskonsepsi yang cukup dominan yaitu nomor 1, 2, 3, 4, 5, 8, 9, 10, 11 dan 14. Kategori miskonsepsi yang cukup tinggi pada sub konsep Teori, sifat dan fungsi sel (soal nomor 1 dan 2) dengan rata-rata persentase 70,78%; (3). Faktor utama penyebab miskonsepsi pada siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Palu karena faktor siswa itu sendiri, guru, metode belajar, keterbatasan sumber belajar, dan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Kata kunci : miskonsepsi, siswa, CRI termodifikasi, materi struktur dan fungsi sel |