JudulPENERAPAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES KABUYU |
Nama: NI MADE CATRI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Ni Made Catri, 2019, Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SD Inpres Kabuyu, Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pasca Sarjana, Univesitas Tadulako Pembimbing I. Lilies N. Tangge, dan Pembimbing II. Afadil. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Inpres Kabuyu melalui penerapan pendekatan ketrampilan proses sains. Metode yang digunakan pada peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri 4 tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluas, lembar observasi dan pencatatan lapangan. Subjek penelitian ini sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengunakan prangkat pambelajaran yang ada menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dan guru. Aktivias belajar siswa menunjukkan perolehan skor persentasenya pada sikuls I adalah 70,05% masuk pada ketegori cukup, pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan perolehan skor persentase 90,48% kategori sangat baik, peningkatan sebesar 20,43%. Aktivitas observasi guru pada saat penerapan materi dikelas pada siklus I menunjukkan skor persentase 78,33% kategori baik, pada siklus II skor persentasenya 95,00% kategori sangat baik, peningkatan sebesar 16,67%. Pada hasil analisis tes evalusi siswa siklus I menunjukan pesentase ketuntasan klasikal 53,70% untuk persentase daya serap klasikal 71,06%, siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil analisis tes evaluasi pada persentase ketuntasan klaksikal diperoleh hasil 90,74%, dan persentase daya serap klaksikal menunjukan hasil 84,96 %, peningkatan ketuntasan belajar kelaksikal sebesar 37,04?n peningkatan daya serap kelaksikal sebesar 13,9%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut, disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor di kelas V Sekolah Dasar Intruksi presiden Kabuyu Pada Tahun Pelajaran 2018-2019. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa |