JudulPENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN POWER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS Iv SDN 12 PALU |
Nama: NI PUTU MURNIASIH S |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Ni Putu Murniasih S. 2019. Penerapan Contextual Teaching and Learning Menggunakan Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-sifat Cahaya pada Siswa Kelas IV SDN 12 Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Amiruddin Hatibe, (II) Samsurizal M. Suleman. Guru berupaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penggunaan pendekatan dalam pembelajaran di kelas. Adapun pendekatan yang dipilih untuk meningkatkan hasil belajar, menumbuhkan semangat belajar, rajin dan saling menghormati satu sama lain adalah pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) menggunakan power point. Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendeskripsikan penerapan CTL menggunakan power point dalam meningkatkan hasil belajar sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN 12 Palu (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN 12 Palu melalui penerapan CTL menggunakan power point. Jenis PTK menggunakan rancangan model Mc. Taggart, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SDN 12 Palu, pada bulan September 2018 hingga Maret 2019. Subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 71,33% atau cukup, mengalami peningkatan pada siklus II 86,66% atau sangat baik. Aktivitas pembelajaran melalui hasil pengamatan keterampilan guru pada siklus I, diperoleh 76% atau baik, dan siklus II 90,66% atau sangat baik. Data hasil belajar siswa untuk daya serap klasikal (DSK) siklus I (63%) dan siklus II (80%). Untuk ketuntasan belajar klasikal (KBK) siklus I (58%) dan siklus II (83%). Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan CTL menggunakan power point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 12 Palu. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Power Point, Hasil Belajar. |