JudulKAJIAN PROSES METAKOGNISI MENGGUNAKAN RUBRIK PHYSICS METACOGNITION INVENTORY (PMI) DAN MINNESOTA ASSESMENT OF PROBLEM SOLVING (MAPS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH |
Nama: RAHMAWATY |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Rahmawaty. 2020. Kajian proses metakognisi menggunakan rubrik Physic Metacognition Inventory (PMI) dan Minnesota Assesment of Problem Solving (MAPS) pada mahasiswa Pendidikan fisika dalam menyelesaikan masalah. Tesis,Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim I Komang Werdhiana, Anggota Tim Sahrul Saehana. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses metakognisi menggunakan rubrik Physic Metacognition Inventory (PMI) dan Minnesota Assesment of Problem Solving (MAPS) pada mahasiswa Pendidikan fisika dalam menyelesaikan masalah. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan fisika FKIP Universitas Tadulako angkatan 2016, 2017, dan 2018. Teknik pengambilan responden diambil berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh dari instrumen tes seleksi responden, tes pemecahan masalah, rubrik PMI, rubrik MAPS dan wawancara. Hasil analisis proses metakognisi menggunakan rubrik PMI dan MAPS menunjukkan hasil yang berbeda berdasarkan kategori. Secara garis besar proses metakognisi seseorang dapat menentukan bagaimana kemampuan pemecahan masalahanya. Berdasarkan hasil wawancara, rendahnya metakognisi seseorang disebabkan karena minimnya pengetahuan yang mereka miliki dan kurangnya daya ingat akan materi atau pelajaran yang sudah lewat sehingga, sulit untuk menentukan strategi, perencanaan, dan keterampilan dalam menyelesaikan masalah. Kata Kunci : Metakognisi, Physic Metacognition Inventory (PMI), Minnesota Assesment of Problem Solving (MAPS), Menyelesaikan masalah. |