JudulPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC BERBANTUAN ANDROID PADA MATERI LISTRIK DINAMIS |
Nama: Mohammat Ari Ansar |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Mohammat Ari Ansar, A20217003 (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) Berbantuan Android pada Materi Listrik Dinamis. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Konsentrasi Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Komang Werdhiana, Pembimbing (II) Darsikin. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas (valid, praktis, dan efektif) perangkat pembelajaran Fisika SMA Berbasis Science Technology Engineering and Mathematic Berbantuan Android pada Materi Listrik Dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran Fisika SMA Berbasis Science Technology Engineering and Mathematic Berbantuan Android pada Materi Listrik Dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Penelitian dilakukan pada kelas XII IPA 1 dan IPA 2 di SMA Negeri 1 Moutong, setiap kelas masingmasing terdiri atas 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan, soal tes dan dokumentasi. Data yang didapatkan terdiri dari data kelas eksperimen dan data kelas kontrol. Untuk Persentase Aktivitas Peserta Didik, di kelas eksperimen total persentase dari seluruh pertemuan adalah 81,3%, sedangkan di kelas kontrol total persentase dari seluruh pertemuan adalah 79,1%. Untuk tes Kognitif di kelas eksperimen, didapatkan data bahwa persentase kelulusannya 89%, sedangkan untuk kelas kontrol didapatkan persentase kelulusannya 76%. Untuk penilaian Sikap, di kelas eksperimen total persentase dari seluruh pertemuan adalah 84,4%, sedangkan di kelas kontrol total persentase dari seluruh pertemuan adalah 79%. Untuk penilaian Keterampilan, di kelas eksperimen total persentase dari seluruh pertemuan adalah 80%, sedangkan di kelas kontrol total persentase dari seluruh pertemuan adalah 76%. Kemudian dari proses analisis Validitas, Reliabilitas, Indeks Kesukaran, dan Daya Beda butir soal didapatkan hasil bahwa, diterimanya 24 butir soal dari total 25 butir soal yang diajukan. Serta dalam wawancara ditemui hasil yaitu respon positif dari Guru dan peserta didik yang diwawancarai. Kinerja aplikasi Android yang sangat baik, mampu menghitung setiap skor peserta didik kelas eksperimen dalam waktu 0 (nol) detik. Jadi, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan berbantuan Android berkualitas valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : STEM, Android, Listrik Dinamis |