JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN AURORA 3D PRESENTATION TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA KELAS X SMKN 3 PALU |
Nama: MERRY KRISDIANAWATY |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model discovery learning menggunakan Aurora 3D Presentation terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi kimia di kelas X SMKN 3 Palu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen: angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan metode statistik inferensial uji–t. Populasi penelitian adalah kelas X SMKN 3 Palu. Sampel penelitian adalah kelas X TKJ A Sejumlah 28 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas X TKJ B sejumlah 31 orang sebagai kelompok eksperimen, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning menggunakan Aurora 3D Presentation sedangkan variabel terikat adalah minat dan hasil belajar. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan statistik uji–t dua pihak diperoleh minat belajar siswa dengan t hitung lebih besar dari t tabel (57;0,025) yaitu 5,208 > 2,002. Hasil belajar siswa diperoleh t hitung posttest lebih besar dati t tabel (57;0,025) yaitu 5,381 > 2,002. Hasil tersebut menunjukan bahwa penerapan model discovery learning menggunakan Aurora 3D Presentation berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi kimia di kelas X SMKN 3 Palu. Kata Kunci : Model Discovery learning, Aurora 3D Presentation, Minat belajar, Hasil belajar |