JudulPENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARANTERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SDN WATUSAMPU |
Nama: RESTU |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan perbedaan yang signifikan pada motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media video pembelajaran dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung ( Direct Instruction), pada siswa kelas V SDN Watusampu, tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan menggunakan pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 40 siswa yang tersebar dalam dua kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yang terdiri dari kelas VA dengan jumlah siswa 20 orang, kelas VB dengan jumlah siswa 20 orang Data motivasi dan hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan analisis statistik parametrik (uji-t). Hasil analisis data untuk motivasi belajar siswa menunjukkan skor rata-rata kelas eksperimen 73,00 dan setelah diberikan perlakuan menjadi 83,50 dan skor rata-rata kelas kontrol 59,50. Pada posttest menjadi 69,00. Skor tersebut selanjutnya dianalisis dengan uji t. Hasil uji hipotesis nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dibandingkan dengan nilai ? atau 0,001< 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model koperatif tipe GI berbantuan media video pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa Selanjutnya analisis data hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 69,00 dan setelah diberikan perlakuan menjadi 86,00 dan skor rata-rata kelas kontrol 60,00, setelah posttest mempeoleh nilai 67,50. Dari data tersebut kemudian dianalisis dengan uji t, nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dengan nilai ? atau 0,000< 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh model koperatif tipe GI berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Group Investigation, media video pembelajaran, motivasi dan hasil belajar siswa. |