JudulEFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA KATOLIK ST. ANDREAS PALU |
Nama: SHINTA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan menentukan efektivitas perangkat pembelajaran dengan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Katolik St. Andreas Palu. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Katolik St. Andreas Palu. Sampel penelitian sebanyak 50 orang yang terdiri dari 25 orang kelas X MIA 1 dan 25 orang kelas X MIA 2, dimana kedua kelas tersebut menjadi kelas eksperimen. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh ahli. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi, kepraktisan, dan keefektifan. Penilaian menggunakan instrumen berupa lembar validasi dan observasi oleh observer. Hasil yang diperoleh dari validitas perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS menunjukkan bahwa RPP dan LKS dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil dari kepraktisan perangkat pembelajaran berupa observasi keterlaksanaannya RPP dengan menggunakan model discovery learning menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis digunakan. Sedangkan hasil dari keefektifan perangkat pembelajaran yang berupa aktivitas siswa, tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Dimana aktivitas berada pada kategori sangat baik dan baik pada kedua kelas eksperimen. Indikator yang menonjol pada keterampilan berpikir kritis adalah evaluasi pada kedua eksperimen. Hasil penelitian membuktikan bahwa perangkat pembelajaran sangatlah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini yang terlihat pada nilai N gain pada kategori tinggi sehingga perangkat pembelajaran ini dapat dikatakan efektif. Kata Kunci : Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |